Kamis, 02 Maret 2017

SISTEM DAN FUNGSI KOMPONEN CVT

SISTEM AUTOMATIC CVT

SISTEM CVT

     Sepeda motor matic adalah sepeda motor menggunakan sistem CVT (Continously Variable Transmission),yakni sistem dengan penggerak   v-belt yang tahan lama.Sistem ini menghasilkan perbandingan reduksi secara OTOMATIS sesuai dengan kecepatan dan putaran mesin,sehingga pengendara terbebas dari kehausan memindah gigi hingga lebih nyaman 

KELEBIHAN SISTEM CVT

     CVT dapat memberikan perubahan kecepatan dan torsi dari mesin ke roda belakang secara otomatis
     Tanpa harus memindah gigi karena sistem ini memiliki perbandingan ratio yang sangat tepat
Tidak terjadi hentakan pada pemindahan gigi pada mesin-mesin konventional
Perubahan kecepatan sangat lembut dengan kemampuan mendaki yang baik 

PARTS PADA CVT

BAGIAN PULLEY PRIMER

FIXED SHEAVE

FIXED SHEAVE berfungsi sebagai penahan v-belt.Komponen ini tidak bergerak dan berbentuk piringan.Biasanya bagian sisinya menyerupai tali kipas sebagai pendingin mesin 

COLLAR DAN SLIDING SHEAVE

SLIDING SHEAVE berfungsi menekan v-belt dalam putaran tinggi,karena sliding shave ini tidak dapat bergerak kekanan atau kekiri.
COLLAR berfungsi sebagai tempat dudukan dari fixed sheave , sliding sheave dan cam. 

WEIGHT
WEIGHT atau yang sering disebut dengan ROLLER berfungsi sebagai penekan sliding sheave, cara kerjanya sesuai dengan putaran mesin.Apabila mesin pada putaran tinggi,weight ini menekan sliding sheave dan begitu pula sebaliknya.Gaya ini disebut dengan gaya sentrifugal. 

CAM
Cam berfungsi sebagai dudukan slider 

SLIDER
SLIDER berfungsi sebagai pendorong weight , yang weight sendiri mendorong slider sheave. Slider ini bergerak pada putaran tinggi. 

BAGIAN PULLEY SECONDARY

CLUTH HOUSING
CLUTH HOUSING berfungsi meneruskan putaran v-belt ke poros roda 

CLUTH CARRIER
Cluth carrier berfungsi sebagai penghubung putaran poros roda belakang 


SLIDING SHEAVE
SLIDING SHEAVE berfungsi menekan v-belt, perbedaan sliding sheave pada pulley secondary dengan sliding sheave pada pulley primary adalah tidak memiliki sirip pada sliding sheave tersebut


FIXED SHEAVE
FIXED SHEAVE berfungsi menahan v-belt atau bagian statis 


TORQUE CAM
TORQUE CAM berfungsi membantu menekan otomating sliding sheave pada saat motor memerlukan akselerasi 


SPRING PULLEY SECONDARY
SPRING berfungsi sebagai pendorong sliding sheave 


V-BELT
                     
V-BELT berfungsi sebagai penghubung antara sliding sheave dan secondary sheave. 

3 komentar: